Ini Alasan Bawaslu Belu Terbitkan Surat Himbauan Kepada Paket Roman

Belu, News.Matatimor – Net : Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Belu akan melayangkan surat himbauan kepada Paslon perseorangan Paket Roman.

Surat himbauan tersebut menegaskan agar Bakal Calon Bupati Belu dengan tagline Paket Roman segera mengurus permohonan cuti diluar dari tanggungan negara.

Demikian pernyataan tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Belu, Agustinus Bau, saat diwawancarai tim media, Rabu (03/07/24).

Surat himbauan tersebut, kata Agus menindak lanjut Surat Edaran dari Badan Kepegawaian Negara (BKN) terkait Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ikut kontestasi Pilkada 2024.

Dijelaskan Agus, dalam surat edaran yang dikeluarkan BKN kepada ketua KASN pada tanggal 4 Juni 2024, dengan nomor 3842 tahun 2024, dan surat edaran KASN nomor 6 tahun 2023.

Dalam surat edaran itu menegaskan bahwa bagi ASN yang mencalonkan diri pada Pilkada 2024 sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur, Walikota dan wakil Walikota, Bupati dan Wakil Bupati untuk mengajukan permohonan cuti diluar tanggungan Negara.

“Menindaki hal itu, hari kita akan keluarkan surat himbauan kepada paslon perseorang. suratnya sementara disiapkan oleh sekretariat Bawaslu,”ujar Agus.

Selain surat edaran, hal serupa ditegaskan dalam surat keputusan bersama 5 Menteri tertanggal 22 September 2022 menyebutkan bagi ASN yang melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan tujuan pencalonan diri di Pilkada 2024 wajib mengajukan permohonan cuti diluar tanggungan Negara.

“Untuk paslon perseorangan harus mengajukan cuti untuk mencegah ketidak netralitasnya dalam pilkada 2024 mendatang,” tambahnya.

Ia menegaskan, ketika tidak melakukan permohonan cuti diluar tanggung negara maka Bawaslu Kabupaten Belu akan melakukan tindakan.

“Iya tentu kita akan sampaikan kepada Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) untuk menindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku,” ujar Agus. (*Nanny)

Komentar
judul gambar
judul gambar