Kotbah Katolik Minggu Biasa III, 22/01/2023

Oleh Rd. Jhon Chris Taus – Paroki Santa Helena Lili – Camplong

Yohanes Pembabtis sebagai nabi Perintis, setelah Ia memperkenalkan Yesus sebagai Anak domba Allah yang menghapus dosa dunia, dan memberi kesaksian bahwa Yesus itu Putera Allah, ia mengundurkan diri, dan Yesus mulai tampil di MUKA UMUM DAN MULAI BERKARYA DI GALILEA.

Dengan demikian Allah mengakhiri Perjanjian Lama (Yohanes Pembabtis itu nabi terakhir) dan memulai Perjanjian Baru YANG DITANDAI DENGAN DATANGNYA KERAJAAN ALLAH DALAM DIRI YESUS KRISTUS.

Kerajaan Allah artinya Allah yang MERAJAI seluruh peristiwa dan hidup manusia dan menjamin keselamatan manusia.

Yesus tambil dan menyerukan : BERTOBATLAH SEBAB KERAJAAN ALLAH SUDAH DEKAT. Ini artinya seluruh hidup dan karya Yesus ialah mewartakan dan menghadirkan kabar gembira keselamatan kerajaan Allah. Syarat untuk menerima kerajaan Allah ini ialah BERTOBAT yaitu memulai cara hidup yang baru dalam roh dan semangat Allah.

Kedua : Yesus tampil dan memulai karyaNya di wilayah Galilea. Galilea terletak di Utara Palestinan yang punya tanah dan padang yang sangat luas dan sangat subur, sangat cocok untuk pertanian dan peternakan. Karena itu penduduknya hidup bertani dan beternak.

Dengan latar belakang ini Yesus mengajar kerajaan Allah yang terkadang berula rahasia yang tidak bisa dimengerti. Yesus mengajarkannya dengan memakai perumpamaan-perumpamaan seperti : penabur benih, biji sesawi, pohon anggur, pohon ara, tentang gembala yang baik, dan lain-lain.

Di Galilea ini juga ada Danau besar dan terkenal yakni Danau Galilea atau danau Genasaret atau Tiberias. Maka penduduknya banyak bekerja sebagai nelayan ikan. Di tepi danau Galilea ini Yesus memanggil murid-muridNya yang pertama.

Petrus dan saudaranya Andreas, Yokobus dan Yohanes anak-anak Zabadeus. Mari ikutilah Aku, dan kamu akan menjadi pemukat manusia.

Di Danau Galilea ini Yesus juga membuat banyak mukjizat seperti : Yesus berjalan di atas air, penangkapan ikan yang ajaib, dll.

Ketiga : Di Galilea ini orang-orang GALILEA yang adalah Yahudi ini, hidup bercampur dengan orang-orang Yunani yang dianggap sebagai kafir yang tinggal dalam bayangan kegelapan dosa dan maut.

Yesus datag untuk membawa cahaya bagi seluruh bangsa. Matius mengutip kitab Nabi Yesaya yang menjadi bacaan pertama minggu ini yang bernubuat tentang Yesus yang membawa cahaya bagi seluruh bangsa.

Bangsa-bangsa yang berjalan dalam kegelapan, telah melihat terang yang besar. Mereka yang diam di negeri kekelaman, atasnya terang telah bersinar. (Yes.9:1). Bacaan ini juga selalu diambil menjadi bacaan penting pada setiap misa malam Natal.

Keempat : Yesus datang untuk mewartakan dan menghadirkan kabar gembira kerajaan Allah. Syarat penting untuk menyambut Kerajaan Allah ini adalah Bertobat.

Bertobat berarti kita memulai cara hidup dan cara pandang yang baru dalam semangat dan roh kehendak Allah. Maka lakukanlah perbuatan-perbuatan yang baik, dan hindari perbuatan-perbuatan yang jahat.

Hasilkanlah buah-buah pertobatan yang baik, cintakasih, damai sejahtera, kebenaran dan keadilan, kerendahan hati dsbnya.

Mari kita coba dalam semangat roh Allah pada minggu Sabda Allah ini. Amen
MINGGU BIASA III
Yes. 8:23-9,3
Mat. 4:12-23

Komentar
judul gambar
judul gambar