Kunker Ke Raimanuk, Bupati Belu Luangkan Waktu Temui Lansia Yang Sakit

Belu, News.Matatimor – Net : Disela-sela kesibukannya dalam dunia pemerintahan, Bupati Belu dr. Agustinus Taolin selalu punya kebiasaan yang tak bisa ia lewatkan yaitu melakukan pemeriksaan kesehatan bagi warga yang sakit.

Kali ini Bupati Belu kali melakukan pemeriksaan kesehatan bagi dua orang lansia yang sakit di Desa Renrua, Kecamatan Raimanuk saat dirinya melakukan kunjungan kerja bersama Wakil Bupati Belu Dr. Aloysius Haleserens ke Desa tersebut pada, Selasa (04/06/24).

Bupati Belu yang merupakan dokter subspesialis penyakit dalam itu datang bersama rombongan langsung memeriksa kesehatan dua orang lansia sebelum melakukan tatap muka bersama warga Desa Renrua.

dr. Agustinus Taolin didampingi Kepala Puskesmas Webora masuk ke dalam Kantor Desa Renrua dan memeriksa dua orang lansia. Bupati Belu dengan peralatan medis yang selalu dibawa dalam mobil dinasnya dengan serius memeriksa keadaan pasien. Lantas dia menulis beberapa resep obat untuk diberikan kepada Kepala Puskesmas Webora.

“Tolong berikan obat-obat ini kepada pasien,” ucap Agus Taolin kepada Kapus Webora.

Dirinya juga meminta kepada Kepala Puskesmas Webora untuk lebih aktif turun ke Desa untuk memeriksa para pasien yang sakit.

“Kalau ada warga yang sakit, tolong kunjungi mereka. Bila keadaan mereka kurang baik, segera dibawa ke puskesmas,” ujarnya.

Usai memeriksa keadaan pasien, Bupati Bersama rombongan langsung menuju Aula Desa Renrua untuk melakukan tatap muka bersama para warga.

Masyarakat yang melihat itu lantas memberikan apresiasi atas sikap Bupati Belu.

Menurut mereka, dr. Agustinus Taolin merupakan tokoh pemimpin yang selalu memperhatikan kesehatan dan keadaan masyarakat kecil.

Beberapa tokoh masyarakat juga mengapresiasi program pengobatan gratis yang sudah dicanangkan pemerintah Kabupaten Belu sejak awal dr. Agustinus Taolin dan Dr. Aloysius Haleserens memimpin Kabupaten Belu.

“Terimakasih atas kepemimpinan Bapak (dr. Agustinus Taolin dan Dr. Aloysius Haleserens). Kami sudah merasakan seperti saat ini. Air sudah ada dan listrik sudah. Kami juga terima kasih karena ada program Pengobatan Gratis dari bapak bupati. Jadi kami bersyukur atas semua ini,” ungkap salah seorang warga.

Senada dengan itu, salah satu tokoh pemuda Renrua, Anselmus Tallo, S.H juga menyampaikan bahwa pada masa kepemimpinan dr. Agustinus Taolin dan Dr. Aloysius Haleserens ada berbagai perkembangan yang mumpuni di bidang kesehatan, infrastruktur, pendidikan, pertanian, peternakan, birokrasi dan lain sebagainya. Itu menjadi kebanggaan kami sebagai masyarakat.

Anselmus yang juga merupakan pengacara muda itu mengapresiasi secara khusu Program Pengobatan Gratis yang merupakan program unggulan dari dr. Agustinus Taolin dan Dr. Aloysius Haleserens itu. Menurutnya program itu sangat pro dengan masyarakat kecil terlebih mereka yang tak mampu.

“Secara khusus kami ingin berterima kasih atas program pengobatan gratis bagi kami masyarakat yang sudah sangat membantu dan cukup dirasakan,” tuturnya.

Anselmus bercerita bahwa beberapa waktu lalu, ada seorang saudaranya yang sakit dan melakukan rawat inap di RSUD Atambua. Saat hendak pulang, Anselmus besama salah seorang saudaranya hendak membereskan administrasi. Baginya, tak sulit karena sepengetahuannya, semua pengobatan akan gratis. Namun dirinya kaget setelah diberi tahu kalau biaya pengobatan sebesar Rp. 7 juta lebih. Dirinya hanya bisa terdiam sambil melihat ke arah saudaranya.

“Mau ambil dari mana uang sebanyak itu? Katanya gratis?” demikian ungkap Anselmus dalam hati.

Namun pikirannya langsung buyar saya petugas di bagian administrasi menyampaikan bahwa semua sudah lunas karena pasien merupakan Warga Belu.

Bahwa beberapa waktu lalu ada seorang anak dari Desa Renrua yang sakit Trombosit dan rawat inap di RSUD Mgr Gabriel Manek SVD Atambua.

“Saya dan keluarga sempat berpikir ini tagihan besar mau bayar bagaimana. Namun petugas langsung sampaikan bahwa tidak dibayar sepersen pun karena adik mereka KTP Belu bisa mendapatkan program pengobatan gratis.

Hal itu yang buat kami masyarakat sangat bangga punya bupati dan wakil bupati yang bisa membuat program yang sangat pro dengan kami masyarakat kecil, ujarnya seraya disambut tepukan tangan yang meriah dari warga yang hadir. (***)

Komentar
judul gambar
judul gambar