BERITA  

Mariano Parada dipercaya Pimpin Organisasi Pena Batas RI-RDTL

Mariano Parada dipercayakan Sebagai Ketua Pena Batas RI-RDTL untuk Periode 2022-2024.

matatimornews – Mariano Parada terpilih atau didaulat sebagai Ketua Persatuan Jurnalis Belu Perbatasan (Pena Batas) RI-RDTL untuk periode 2022-2024.

judul gambar

Mariano yang juga Pemimpin Redaksi (Pimred) Oke NTT-Pikiran Rakyat Media Network (PRMN) ini didaulat memimpin Pena Batas menggantikan Ketua Demisioner, Stefanus Dile Payong.

Pemilihan yang berlangsung di Nekafehan, Jumat 18 Febuari 2022 itu berlangsung secara demokratis dan dihadiri anggota Pena Batas sebanyak 19 orang.

Ketua terpilih, Mariano Parada (kiri-topi) dan Sekretaris Pena Batas terpilih periode 2022-2024, Teni Jenahas (kanan)

Rapat pemilihan dipimpin Ketua Panitia Adhock, Yanuarius Parera (wartawan goberita) dan Sekretaris Teni Jenahas (wartawan Pos Kupang).

Sebelumnya, peserta rapat diberikan kesempatan untuk mengusulkan nama bakal calon dalam penjaringan melalui voting secara tetutup.

Hasilnya, ada lima nama bakal calon yang diusulkan yakni, Mariano Parada (wartawan Oke NTT) 9 suara, Yansen Bau (NTT Online) 5 suara, Teni Jenahas (Pos Kupang) 3 suara, Stevanus Dile Payong (MNC Grup) 1 suara dan Jefri Suni (Indosiar) 1 suara.

Baja Juga :   Kunker Ke Belu, ini Pesan Kapolda NTT

Selanjutnya, dilakukan lobi. Hasil lobi, tiga bakal calon masing masing, Stevanus Dile Payong, Yansen Bau dan Jefri Suni menyatakan mengundurkan diri dengan alasannya masing-masing. Sedangkan Mariano Parada dan Teni Jenahas menyatakan diri siap maju sebagai calon ketua melalui pemilihan tertutup atau voting.

Karena hanya dua bakal calon, Ketua Tim Lobi, Ferdi Talok didampingi Doru Vincente melakukan lobi dengan kedua bakal calon. Ketua tim lobi memberikan kesempatan pertama kepada dua calon Mariano Parada dan Teni Jenahas untuk bernegosiasi atau berembuk sebelum dilanjutkan pada pemilihan voting.

Hasil negosiasi pertama, bakal calon Mariano Parada dan Teni Jenahas tetap menyatakan siap maju dan mengikuti proses pemilihan melalui voting.

Lagi-lagi Ketua Tim Lobi, Ferdi Talok memberikan kesempatan kedua kalinya kepada kedua calon untuk berembuk dengan berbagai pertimbangan yang sangat masuk akal serta demi keberlangsungan roda organisasi ke depan.

Baja Juga :   Gegara ini Jalan Menuju Kantor Bupati Malaka Ditutup Warga

Hasil rembuk, kedua calon masing-masing bersepakat menduduki jabatan Ketua dan Sekretaris yang merupakan pucuk pimpinan dalam organisasi Pena Batas berdasarkan AD/ART.

Teni menyerahkan tampuk kepemimpinan sebagai ketua Pena Batas periode 2022-2024 ke Mariano Parada.

Bedasarkan hasil itu, Ketua Tim Lobi melaporkan ke pimpinan Adhock dan memutuskan, Mariano Parada secara aklamasi terpilih sebagai Ketua dan Teni Jenahas menjabat Sekretaris Pena Batas RI-RDTL untuk periode 2022-2024.

Setelah pemilihan, pimpinan Adhock memberikan kesempatan kepada pimpinan Pena Batas, yakni Ketua dan Sekretaris terpilih untuk menyampaikan pidato singkat mengenai program dan kegiatan Pena Batas dua tahun ke depan serta harapan.

Secara bergantian Ketua Pena Batas, Mariano Parada dan Sekretaris Teni Jenahas memberikan ungkapan hati atas kepercayaan anggota untuk memimpin Pena Batas RI-RDTL.

Baja Juga :   PATRIA & Pemerintah Jepang Jalin kerja sama Dukung Wisata Hijau untuk Indonesia

Pada intinya, Mariano dan Teni mengajak anggota Pena Batas untuk menjaga kekompakan dan manjaga marwah wartawan di mata publik.

Pers sebagai salah satu pilar demokrasi harus bisa berdiri kokoh dan bermartabat serta berbakti untuk mensejahterakan kehidupan bangsa.

Ketua demisioner, Stefanus Dile Payong didampingi Sekretaris Yansen Bau mengucapkan terima kasih atas dukungan dari anggota sehingga kegiatan pemilihan pengurus Pena Batas dapat berlangsung aman, lancar dan sukses.

Evan dan Yansen juga menyampaikan permohonan maaf bila selama masa kepemimpinan mereka, ada kekhilafan dan kekeliruan agar bisa dimaafkan.

“Saya bersama pak Sek (sekretaris, red) menyampaikan terima kasih dan mohon maaf bila selama masa kepemimpinan kami ada hal yang kurang berkenan,” ucap Evan diamini Yansen.

Komentar
judul gambar
judul gambar