Menjamin Keamanan Perbatasan RI-RDTL, Polres Belu Bersinergi Dengan TNI – Brimob Melakukan Patroli Lintas Laktutus

Atambua, News.Matatimor – Net : Dalam rangka mencegah berbagai tindak kejahatan, Kapolres Belu, AKBP Richo Nataldo Devallas, S.I.K terus menekankan kepada jajarannya untuk melaksanakan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran premanisme, senjata tajam, penyelundupan, minuman keras, balapan liar dan kejahatan lainnya.

Penekanan ini juga dititik beratkan kepada Polsek dan Pos PAM yang wilayahnya bersentuhan langsung dengan Negara Timor Leste guna menjamin keamanan di wilayah tapal batas, sekaligus mencegah berbagai aksi kejahatan seperti kegiatan penyelundupan baik orang maupun barang.

Berbicara tentang KRYD di wilayah perbatasan, personel Pos Pamtas Laktutus Sektor Tasifeto Barat, menyikapinya dengan melaksanakan patroli perbatasan bersama Satgas Pamtas RI-RDTL Yonif Raider Khusus 744/SYB, kamis (4/05/2023).

Patroli yang dilaksanakan sekitar pukul 10.30 wita, juga diikuti Personel Brimob Kompi 3 Yon A Pelopor pos Laktutus dan Koramil 1605-06/Halilulik

Dengan bersenjata lengkap dan membawa bendera merah putih, aparat TNI Polri bergerak menyusuri sepanjang dusun Auren, Kecamatan Nanaet Dubesi, Kabupaten Belu yang berbatasan langsung dengan Fatumean Timor Leste.

Meski menemui medan yang sulit, berbukit dan penuh dengan hutan lindung, aparat TNI-Polri penjaga tapal batas RI-RDTL, tetap kompak melaksanakan patroli jalan kaki bahkan menyusuri sungai-sungai kecil yang ada di wilayah dusun Auren, kecamatan Nanaet Dubesi.

Dalam patroli tersebut, aparat TNI Polri tidak menemukan adanya upaya penyelundupan dan mendapati Pilar-pilar batas dalam posisi aman.

“Bergeraknya (patroli) ini dari pukul 10.00 wita sampai dengan pukul 12.30 wita. Setiap titik yang berbatasan langsung dengan Timor Leste ditempuh dengan jalan kaki dan ini cukup menguras tenaga karena harus naik dan menuruni lembah di sepanjang perbatasan”kata Kapolsek Tasifeto Barat, IPDA Sam Ihim kepada Humas.

“Dalam patroli ini, rekan Kita dari Pos Pamtas Laktutus bersama rekan-rekan dari Brimob dan Satgas Pamtas juga mengecek patok batas RI-Timor Leste untuk pastikan patoknya masih ada atau tidak dan hasilnya patok tersebut dalam keadaan baik. Untuk aksi penyelundupan atau pelintas batas ilegal tidak Kita temukan dalam patroli kali ini”lanjut Kapolsek.

Sementara Kapolres Belu, AKBP Richo N.D Simanjuntak, S.I.K mengungkapkan, selain memastikan wilayah perbatasan dalam keadaan aman, patroli gabungan ini digelar untuk memupuk kekompakan diantara TNI-Polri yang bertugas di tapal batas.

“Tentunya dalam bertugas di perbatasan, hal utama yang dibutuhkan adalah sinergitas atau kekompakan antara sesama aparat keamanan karena sinergitas merupakan sebuah pondasi kuat dalam upaya menjaga wilayah NKRI dari berbagai ancaman dari luar”ungkap Kapolres Belu.

“Dan hingga detik ini, sinergitas kami bersama rekan-rekan TNI baik dari Satgas Pamtas dan juga Koramil terjalin dengan sangat baik sampai saat ini. Terutama dalam bersama menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif seperti yang sekarang ini ditunjukkan dengan menggelar patroli gabungan di wilayah perbatasan”pungkas Kapolres Belu.

Komentar
judul gambar
judul gambar