BERITA  

Presiden: Pemilihan Menteri Berdasarkan Pengalaman dan Rekam Jejak

Jakarta, news.matatimor.net via InfoPublik – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, pengangkatan Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto karena memiliki pengalaman dan rekam jejak yang mumpuni.

Dengan memiliki hal itu, keduanya diyakini mampu menjalankan tugas barunya sebagai menteri baru dalam Kabinet Indonesia Maju. 

“Kita lihat semuanya rekam jejak dan pengalaman. Semua yang berkaitan dengan rakyat ini memerlukan pengalaman lapangan yang terjun langsung ke lapangan,” kata Presiden Jokowi dalam keterangan pers yang diberikan pada Rabu (15/6/2022). 

Adanya pengalaman dan rekam jejak, tentunya dapat menyimpulkan bahwa skill manajerial yang dimiliki oleh dua tokoh tersebut juga baik. Sehingga, mampu melihat persoalan yang dihadapi secara luas baik makro maupun mikro. 

“Sekarang itu yang dilihat juga detailnya,” tutur Presiden. 

Bermodalkan hal itu, tentu keduanya dapat mengemban setiap tanggung jawab yang diberikan dapat dalam memimpin suatu instansi pemerintahan. Agar, keduanya mampu menjalankan tugasnya barunya sebagai menteri. 

Seperti yang harus diemban oleh Mendag Zulkifli Hasan, lanjut Presiden, harus mampu memenuhi setiap kebutuhan pokok masyarakat. Jadi, masyarakat dengan mudah mendapatkan bahan pokok dengan harga yang terjangkau oleh berbagai elemen masyarakat. 

“Lebih penting adalah urusan kebutuhan pokok di dalam negeri terus bisa kita jaga,” kata Presiden. 

Kemudian, tugas yang diemban oleh Hadi Tjahjanto sebagai Menteri ATR/Kepala BPN akan mampu menyelesaikan tugasnya yang berkaitan dengan penyelesaian sengketa tanah dan penerbitan sertifikat.

“Beliau sebagai mantan Panglima TNI, tentunya menguasai teritorial. Sehingga, mampu menyelesaikan setiap permasalahan yang berkaitan dengan pertanahan,” imbuhnya. 

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dua menteri dan Tiga wakil menteri (Wamen) baru. Menteri yang dilantik antara lain Zulkifli Hasan (Zulhas) menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) menggantikan Muhammad Lutfi yang sebelumnya menjabat.  

Kemudian, melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggantikan Sofyan Djalil yang sebelumnya menjabat.  

Sedangkan, posisi Wamen yang dilantik oleh Presiden Jokowi adalah Raja Juli Antono yang ditunjuk menjadi Wamen Kementerian ATR/ Wakil Kepala BPN menggantikan Surya Tjandra. 

Posisi Wamen selanjutnya yang dilantik adalah Wempi Wetipo yang ditunjuk menjadi Wamen di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang sebelumnya menjadi Wamen di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

Kemudian, Presiden melantik Afriansyah Noor menjadi Wamen di Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). 

Komentar
judul gambar
judul gambar