Renungan Katolik Minggu Adventus I, 27/11/2022

Oleh RD. Jhon Chris Taus – Paroki Sta Helena Camplong.

Hari Minggu ini adalah Hari Mnggu pertama Adventus, sekaligus hari pertama pembukaan Tahun Liturgi Gereja yg baru : Tahun A = Injil Mateus.

judul gambar

Adventus (Latin)artinya Kedatangan. Tuhan yang datang. Adventus dengan arti kedatangan Tuhan, punya 3 gagasan pokok arti yakni :

  1. Adaventus kita mengenang kembali kedatangan Tuhan untuk pertama kalinya saat penjelmaanNya..2000th lalu . Penantian berabad abad lamanya.
  2. Adventus juga berarti kita mempersiapkan kedatangan Tuhan SECARA SAKRAMENTAL pada hari Natal.Kita rayakan Natal setiap tahun.
  3. Kita menanti kedatangan Tuhan yang kedua pada akhir zaman, akhir dunia. (masih menantikan kegenapannya).

Memang kita sibuk persiapkan point yang ke 2, tetapi kita tetap mempersiapkan point yang ke 3., sampai kegenapannya.

Baja Juga :   Pengurus KUB Sta. Philomena Lili Dikukuhkan
  • Untuk ini, Liturgi Gereja selama 4 mggu Adventus ini sungguh-sungguh mempersiapkan kita dalam penantian kedatangan Tuhan ini.
  • Ada Corona Adventus. Corona (Latin) artinya mahkota. Lingkaran Adventus (4 batang lilin dengan lingkaran hijau/bunga, yang dinyalakan setiap mggu.

Bacaan-bacaan kitab suci sepanjang 4 minggu Adventus mengajak dan mengingatkan kita untuk menanti kedatangan Tuhan, dan akhirnya menampilkan tokoh Yohanes Pembaptis sebagai perintis dan Bunda Maria yang menyambut dengan siap melaksanakan kehendak Tuhan.

Pada minggu pertama adventus ini, Yesus masih berbicara tentang kedatanganNya pada akhir zaman.

Yesus terus ingatkan kita : BERJAGA-JAGA, BERSIAP SIAGA DAN WASPADA SELALU, Karena Putera Manusia datang pada saat yang tak terduga.

Baja Juga :   Kotbah Katolik Hari Raya Santa Perawan Maria Diangkat Ke Surga

Yesus mengutip kembali kisah Air Bah pada zaman Nuh dalam perjanjian lama, seperti Zaman Nuh, orang makan dan minum, kawin dan dikawinkan sampai pada Nuh masuk bahtera.

Nuh sudah ingatkan tentang bencana Air Bah, tetapi orang-orang tidak pusing peduli, semua sibuk dengan urusannya.

Akhirnya sampai bencana air bah datang, mereka semua binasa. Seperti Nuh, Tuhan juga terus ingatkan kita.

Berjaga-jaga bersiapsiaga dan waspada lah selalu. TETAPI KALAU KITA JUGA TETAP SIBUK DENGAN SEGALA URUSAN-URUSAB DUNIAWI, SAMPAI KITA TIDAK ADA WAKTU UNTUK TUHAN MAKA KITA JUGA AKAN BINASA, PADA SAAT KEDATANGAN TUHAN PADA AKHIR ZAMAN.

Baja Juga :   Pascagempa Cianjur, Misa Natal dilaksanakan di Tenda Depan Gereja

Nabi Yesaya tegas ingatkan dan mengajak bangsa Israel. Mari kita naik ke gunung Tuhan ke rumah Allah Yakub, agar Ia mengajar kita jalan-jalanNya, agar kita berjalan di jalanNya.

Saudara/i Yang terkasuh, Akhirnya mari kita jalani masa Adventus ini dengan fokus pada jalan-jalan Tuhan sebagai cara terbaik menanggapi ajakan Tuhan untuk waspada siap siaga dan berjaga-jaga menanti kedatanganNya dengan sikap : berperilaku baik, jauhkan diri dari pesta pora dan mabuk-mabukan serta rasa permusuhan dengab sesama seperti : benci, iri dengki dan marah.

Biarlah Tuhan datang dapati kita hidup dalam damai bersaudara. Amen.

Miggu Pertama Adventus

Yes. 2:1-5

Mat,24,37-44

Komentar
judul gambar
judul gambar