Satgas Yonif RK 744 Berhasil Mengamankan Pelaku Penyelundupan. ๐Ÿ‘‡ Ini Yang Diselundupkan

Atambua, News.Matatimor – Net : Aksi penyelundupan antar negara selalu terjadi bahkan para pelaku selalu mengambil kesempatan yang ada untuk melakukan kejahatan yang tak terpuji ini.

Seperti slogan yang pernah tenar pada masanya โ€œKejahatan terjadi bukan karena niat, namun karena ada kesempatanโ€

Aksi penyelundupan tersebut berhasil digagalkan oleh Satgas Yonif RK 744/SYB dan diserahkan ke Mako Satgas untuk dilakukan penyerahan pelaku ke Imigrasi Kota Atambua, Kabupaten Belu, NTT.

Demikian disampaikan Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonif RK 744/SYB Letkol Inf Yudhi Yahya, S.H., dalam keterangan tertulisnya di Mako Satgas, Belu, NTT (Kamis 14/09/2023)

โ€œkemarin kita gagalkan dugaan penyelundupan tersebut dan hari ini kita serahkan pelakunya ke Imigrasi Atambuaโ€œ Ujarnya

Dijelaskan Dansatgas, bahwa kejadian bermula dari adanya gerak-gerik sinar lampu yang mencurigakan di sekitaran Pos Koki Turiskain, kemudian setelah melihat sinar lampu tersebut, Dankipam Turiskain melakukan penelusuran dan pendekatan ke lokasi arah cahaya tersebut. Setelah tiba di lokasi, didapati seseorang dengan membawa 4 buah karung goni dan 1 buah kantong plastik yang akan melintas dari Indonesia menuju Timor Leste melalui jalur tikus kemudian diamankan dan dibawa ke Pos untuk dimintai keterangan lebih lanjut.

ia menambahkan, setelah dilakukan pemeriksaan terhadap pelaku, didapat data bahwa pelaku merupakan Warga Negara Timor Leste yang memasuki Indonesia melalui jalur tikus dan akan kembali ke Timor Leste dengan membawa 4 buah Karung Goni yang berisi tembakau, 1 buah Karung berisi Kantong plastik, Tas Pinggang berisi uang sebesar $60, Rp. 516.000,- dan Centavos 300 Cent, dan 1 keping emas serta 15 butir butiran emas (beserta nota pembelian). Kemudian hari ini pelaku diserahkan ke pihak Imigrasi Atambua, selanjutnya untuk barang bukti akan diserahkan ke Bea Cukai kemudian.

โ€œSaya sudah perintahkan secara terus menerus kepada prajurit agar selalu menjaga dan meningkatkan kewaspadaan, karena kejahatan dapat terjadi kapan saja dan dimana sajaโ€ tutupnya. (Pen Satgas Pamtas RI-RDTL Sektor Timur Yonif RK 744/SYB)

Komentar
judul gambar
judul gambar