BERITA  

Startup hingga Investor Diajak Kolaborasi Bangun Ekonomi Digital Bangsa

Jakarta, MatatimorNews – Perusahaan rintisan (startup), investor dan para pemangku kepentingan diajak untuk berkolaborasi membangun ekonomi digital bangsa yang resilien.

“Di tengah ketidakpastian ekonomi global, kolaborasi dan gotong royong seluruh elemen bangsa dibutuhkan. Dengan semangat “Start With Network” yang diusung oleh HUB.ID, Kominfo mengajak startup, investor, serta mitra-mitra untuk berkolaborasi bergotong-royong membangun ekonomi digital bangsa yang resilien,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, dalam keterangannya terkait Pembukaan Demo Day HUB.ID, di Jakarta pada Senin (10/10/2022).

judul gambar

Menurut Menkominfo, saat ini seluruh negara di dunia, termasuk Indonesia, tengah menghadapi berbagai tantangan seperti pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, potensi geopolitik akibat konflik yang terjadi di Ukraina, serta tekanan inflasi global. 

Baja Juga :   PBVSI Kab. Kupang Gelar Penataran Wasit Bola Voli di Fatuleu Barat

Sejak pandemi COVID-19, tekanan inflasi diproyeksikan secara rata-rata dunia mencapai sekitar 7,9 persen pada 2022 ini, sehingga ada potensi resesi pada 2023, yang memberikan dampak ketidakpastian di berbagai sektor dan berbagai lini ekonomi dunia. 

“Bagaimana dunia, termasuk Indonesia tengah terus diuji melewati tantangan global. Inflasi dunia yang rata-rata 7,9 persen, bahkan beberapa hari yang lalu ada salah satu rilis di Turki, begitu luar biasanya hampir 80 persen. Begitu juga dengan Argentina, dan Amerika Serikat. Tadi disinggung, inflasi tertinggi di 40 tahun terakhir. Pemerintahan UK (Inggris) juga mengalami tekanan inflasi yang luar biasa,” katanya.

Namun, Indonesia dinilai masih memiliki peluang untuk bertahan menghadapi tekanan global karena pondasi ekonomi nasional yang masih cukup mumpuni.

Baja Juga :   Mendes PDTT Imbau Orang Tua Hindari Sekolah Penganut Ekstremisme

Misalnya laju inflasi nasional yang masih berada di tingkatan yang rendah, yakni 5,95 persen dibanding tahun lalu (year-on-year) pada September 2022 lalu.

“Di sisi lain, pertumbuhan nasional berada di angka 5,44 persen quarter-on-quarter (dibanding kuartal sebelumnya), terus menguat dibanding triwulan sebelumnya,” jelas dia.

Lebih lanjut Menkominfo Johnny mengatakan, salah satu kekuatan yang dimiliki Indonesia dalam menghadapi tantangan global tersebut adalah kemajuan sektor ekonomi digital.  

Oleh karena itu, dia mengingatkan kepada pelaku startup agar terus waspada dan mengambil peran penting dalam pengembangan sektor ekonomi digital melalui kolaborsi dan kerja sama semua pihak. 

“Penemuan dan perkembangan besar selalu melibatkan kerja sama banyak pikiran seperti kata Alexander Graham Bell. Ungkapan itu mencerminkan pentingnya kolaborasi untuk mencapai tujuan besar,” tandasnya.

Baja Juga :   Lewati Perairan Somalia, Satgas MTF XXVIII-N/UNIFIL Laksanakan Siaga Jaga Perang 

Dalam acara itu, Menkominfo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan; Direktur Ekonomi Digital Kementerian Kominfo, I Nyoman Adhiarna; CEO MDI Ventures, Donald Wihardja; serta Managing Partner Impactto, Italo Gani.

Hadir pula perwakilan 24 startup yang mengikuti Demo Day HUB.ID Accelerator antara lain Verihubs, PasarMIKRO, Kecilin, Nodeflux, Eratani, Ayo Kenalin, Quipster, Avter, ProSehat, Yippy, JasaConnect, Amtiss, Prospero, Grouu, Rakamin Academy, Jwalaku, Djoin, Mallsampah, Looyal, MileApp, Prieds, Amoda, serta Finku.

Foto: Humas Kominfo

Komentar
judul gambar
judul gambar