Berbusana Adat, Peserta didik SMPN 3 Fatuleu Barat & SD Inpres Bonatama dengar Kelulusan

Desa Kalali – Fatuleu Barat – news.matatimor.net – SMP Negeri 3 Fatuleu Barat Satu Atap dan SD Inpres Bonatama, di Desa Kalali, Kecamatan Fatuleu Barat, pada Rabu 15 Juni 2022, melaksanakan Pengumuman kelulusan sekaligus perpisahan dengan Peserta Didik kelas 9 dan kelas 6.

Sebanyak 23 Peserta didik SMP dan 18 Peserta Didik SD, hadir bersama orang tua untuk menerima amplop pengumuman kelulusan tahun pelajaran 2021/2022.

Tak seperti biasanya, tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, yang mana para peserta didik, orang tua siswa yang hadir, maupun para guru dan tenaga kependidikan di dua Sekolah Satu Atap tersebut hadir dengan busana adat daerah lengkap.

Kepala SMPN 3 Fatuleu Barat Satap & SD Inpres Bonatama, Margoreti Indah Nggai, S.Pd, dalam arahannya, memberikan nasihat dan motivasi bagi anak-anak didiknya yang sebentar lagi akan melanjutkan ke jenjang pendidikan berikutnya.

Kepala SMPN 3 Fatbar Satap & SD Inpres Bonatama, Margoreti Indah Nggai, S.Pd – Tengah, saat memberikan sambutan sekaligus membacakan hasil kelulusan dua sekolah tersebut (foto : del neonub)

“saya berpesan kepada bapak mama – orang tua, sesuai dengan program Camat Fatuleu Barat, yaitu satu keluarga satu sarjana. Bapak Mama Bisa?, jadi memang tidak gampang, betapa panjangnya perjalanan yang harus dilewati, liku-liku, tidak gampang. Dalam berproses menuju sebuah hasil, tentu ada banyak kerikil-kerikil tajam, namun kita harus tetap optimis, agar nanti bisa tercapai apa yang kita cita-citakan” pesannya

Kepsek yang akrab disapa Inda ini mengutip sebuah kata bijak sebelum membacakan hasil kelulusan SMP dan SD yang dipimpinnya itu.

“disini saya mau kutip sebuah kata bijak bilang begini : Semua orang pintar karena guru, walaupun guru belum tentu pintar. Entah benar atau tidak, kita masing-masing merenungkannya” tutupnya.

Sementara itu Ketua Komite SD Inpres Bonatama dan SMPN 3 Fatuleu Barat Satu Atap, Yordan Benyamin, dalam sambutannya menitipkan pesan dan motivasi kepada anak-anak didik yang hari ini menerima hasil.

“disini, saya sebagai ketua komite mau menitip pesan kepada orang tua siswa dan anak-anak, bahwa masa depan kita sebagai siswa dan siswi, terletak pada diri sendiri. Yang ikut menentukan masa depan kita, juga ada pada orang tua. Orang tua harus menghargai perjuangan anak-anak selama 9 tahun dan juga 6 tahun ini. Tanpa dukungan bapak mama tentu anak-anak juga akan ada kekecewaan” pesannya

Ketua Komite SD Inp. Bonatama & SMPN 3 Fatbar Satap – Yordan Benyamin – (pegang mic.) saat membawakans sambutan (foto : del neonub)

“jangan sampai anak-anak kita berhenti bersekolah disini. Dunia ini akan berubah kalau kita punya pendidikan yang cukup. Dunia ini bisa berubah kalau kita punya persiapan yang mantap. Bapak ibu guru yang ada suatu saat akan berhenti, anak-anak yang akan menggantikannya. Untuk itu, anak-anak harus mempersiapkan diri dari sekarang. Rajin belajar senantiasa. Jangan sampai pada akhirnya menyalahkan orang lain. Gunakan waktu dengan baik untuk belajar” harapnya

Harapan untuk terus mengenyam pendidikan ke jenjang lebih tinggi pun, disampaikan oleh dua tokoh lainnya yang didaulat menyampaikan sambutan, yaitu dari Perwakilan Kepala Desa Kalali – Yohanis Asfel, dan juga Tokoh Masyarakat yang mewakili orang tua Yeheskiel Pahnael.

Acara dimulai pukul 10.30 WITA, diawali dengan sambutan dari perwakilan Kepala Desa, Ketua Komite, Kepala Sekolah, Perwakilan Orang Tua dan, diselingi persembahan Lagu Hymne Guru dan puisi dari Siswa-siswi penerima hasil, dilanjutkan dengan Ibadah Syukur bersama yang dipimpin oleh Ketua Majelis GMIT Pniel Oelob, dilanjutkan dengan santap siang, ditutup dengan tarian tobelo dan menari tebe bersama di lapangan sekolah.

Info Kelulusan, SMP 96 %, dari 24 orang peserta didik terdaftar, hanya 23 yang mengikuti ujian, 1 orang peserta didik dinyatakan tidak lulus karena tidak mengikuti ujian akhir sekolah, sedangkan Peserta Didik SD, 18 orang peserta terdaftar, semuanya dinyatakan lulus. (del)

ini gambar-gambarnya! (foto : Del Neonub)

Komentar
judul gambar
judul gambar