Daftar Sebagai Bacalon Bupati Belu, Zakarias Moruk Telah Kantongi Wakilnya, Berikut Keberadaannya Saat Ini.

Belu, News.Matatimor – Net : Jelang pendaftaran Pemilihan Kepala Daerah serentak 2024, sejumlah figur baik dari birokrasi maupun politikus beramai – ramai daftar diri melalui partai politik maupun perseorangan.

Salah satunya bursa pencalonan bakan calon Bupati dan Wabup Belu di Partai Gerindra yang kian ramai.

Hal ini terjadi karena tiga kandidat kuat bupati telah mendaftarkan diri. Mereka masing-masing, Agustinus Taolin selaku incumbent, Willybrodus Lay yang juga Mantan Bupati Belu dan Zakarias Moruk yang adalah mantan Penjabat Bupati Belu.

Terkhusus kandidat bacalon Bupati Belu, Zakarias Moruk yang baru saja mendaftarkan diri di DPC partai Gerindra Kabupaten Belu pada, Senin (13/5/2024) pagi.

Pantauan media ini di DPC partai gerindra, Zaka Moruk (ZM) mendatangi Sekretariat Gerindra Belu di dampingi oleh tim pendukungnya sekira pukul 10.00 Wita pagi. ZM dan rombongan diterima Ketua DPC, Januari Awalde Berek, Sekretaris, Isabel Maia Pinto dan Ketua Bappilu, Dian Luan.

Usai rehat sejenak, Zaka Moruk kemudian menyerahkan berkas pencalonan sebagai bakal calon Bupati Belu kepada Ketua Bappilu Partai Gerindra, Dian Luan disaksikan Ketua dan Sekretaris DPC Partai Gerindra.

Usai mendaftar, Zaka Moruk kepada media mengatakan, hari ini pihaknya mendatangi DPC Partai Gerindra untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Belu.

“Hari ini kita datang di DPC Partai Gerindra Kabupaten Belu untuk menyerahkan berkas pendaftaran sebagai bakal calon Bupati Belu untuk maju bertarung dalam Pilkada Belu 2024,” bilangnya.

Disebutkan, dirinya sudah mendaftarkan diri sebagai bakal calon Bupati Belu pada tujuh partai politik yang ada di Kabupaten Belu. Diantaranya, Gerindra, Nasdem, PDIP, PKB, Hanura, PAN dan PKS.

Terkait dukungan partai politik, dirinya menjelaskan pihaknya sementara berproses dari tingkat DPC dengan mendaftarkan diri, dan selanjutnya keputusan ada pada DPP partai yang ada.

Disinggung soal balon Wakil Bupati Belu, Zaka Moruk menjelaskan dirinya mengantongi nama balon wakil bupati. Beliau birokrat dan tengah berada di luar daerah.

Pada bagian yang sama, Ketua DPC Partai Gerindra Kabupaten Belu Januaria Awalde Berek mengatakan sejak pembukaan pendaftaran untuk internal partai terhitung 15-30 April 2024 terdapat tiga balon wabup yang mendaftar. Mereka diantaranya, Siku Tavares, Basilio De Aroujo dan Clementino.

Sementara untuk balon dari eksternal partai tercatat tiga calon Bupati Belu. Mereka antara lain Zaka Moruk, Willybrodus Lay dan Agustinus Taolin.

Partai Gerindra dalam mengusung calon bebernya, berdasarkan hasil survei elektabilitas dan popularitas. Karena itu, semua balon bupati dan wakil bupati yang mendaftar, silahkan mensosialisasikan diri.

Pada kesempatan itu, Walde Berek sapaan karibnya dengan tegas menolak klaim yang ditiupkan kalau Gerinda telah mendukung kandidat tertentu. “Hoax itu…Tidak benar Gerindra sudah mendukung figur tertentu. Pasalnya sampai sekarang kita masih terima pendaftaran dan belum usul ke DPD hingga DPP Gerindra,” tutupnya. ***

Komentar
judul gambar
judul gambar