Lahan Kering Seluas 3 Hektar di Kabupaten Belu Disulap Polsek Tasbar Jadi Lahan Produktif

Atambau, News.Matatimor – Net : Kepolisian Resor Belu (Polres Belu) melalui Bhabinkamtibmas Desa bakustulama dan Kapolsek Tasifeto Barat bersama poktan veteran menyulap lahan seluas 3Hr yang sebelum sebagai lahan tidur menjadi lahan produktif.

Lahan tersebut berada tepat dibelakang kantor Macab Veteran Km.16 jalan timor raya, Dusun Leoruas, Desa Bakustulama, Kecamatan Tasifeto Barat, Kabupaten Belu, Propinsi Nusa Tenggara Timur.

Dimana Kapolsek Tasbar Ipda, Sam Ihim dan Bhabinkamtibmas Desa Bakustulama Aipda, Yangri. Y.N.Manu yang keseharianya sebagai Polisi bersama anggota veteran yang dipimpin Stefanus Atok berhasil menyulap lahan tidur seluas 3Ha menjadi lahan produksi pertanian khusus hortikultura jenis tomat servo sebanyak 45ribu pohon yang siap dipasarkan.

Tujuan dari kerja sama tersebut sebagai bentuk dukungan dan kepedulian Polri terhadap masyarakat.

Berawal dari proses perencanaan dan persiapan lahan yang tidak sedikit menguras waktu dan tenaga hingga membuahkan hasil yang memuaskan, dimana lahan hasil pendampingan Polsek Tasbar ini mendatangkan Kapolres Belu bersama sejumlah pejabat utama untuk melakukan panen perdana pada, jumat 22/09/2023.

Pada kesempatan tersebut, Kapolres Belu AKBP, Richo Nataldo Devallas Simanjuntak, S.I.K mengapresiasi karya inovasi yang dilakukan Polsek Tasbar bersama anggota kelompok tani Veteran Kabupaten Belu.

” ini menjadi contoh buat polisi yang lain untuk terus mendekatkan diri kepada masyarakat dan teruslah berinovasi guna mendukung masyarakat pada umumnya secara khusus para petani di Kabupaten Belu ini” Ungkap Kapolres Belu

Katanya, menjadi pimpinan yang baik harus mampu turun ke tengah – tengah masyarakat untuk terus mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) serta ketahanan pangan karena ini merupakan bagian dari program Kapolri.

Sebagai Babinkamtibmas yang masing-masing memiliki desa binaan wajib mengetahui perkembangan di desanya dan jangan membiarkan masyarakat berjalan sendiri. Tegas Kapolres

Sebelumnya guna mendorong UMKM, Polres Belu melalui Kapolsek Tasifeto Barat Ipda, Sam Ihim berhasil mengatasi kemacetan pasar tradisonal halilulik dengan merelokasi para pedagang yang berjualan di bahu jalan maupun selokan sekitaran pasar untuk berjualan dilokasi pasar UMKM yang disediakan Polsek Tasbar.

Ide cemerlang dari Kapolsek Tasbar ini membuahkan hasil yang baik dan memuaskan para pedagang dan pengguna jalan lintas Kabupaten Belu – Malaka.

“Dengan adanya inovasi tersebut besar harapan dapat menjadi penunjang aktivitas pertanian sehingga dapat meringankan biaya hidup petani,”kata Sam Ihim

Lanjut Sam, hal itu dapat dilakukan dengan kegiatan sambang sembari mendekatkan diri kepada warga atau petani agar terciptanya hubungan yang erat dan harmonis, juga sebagai wujud kepedulian Polri kepada warga masyarakat,” Pungkas Ipda Sam Ihim.

Di tempat terpisah ketua Macab Veteran Kabupaten Belu berharap dengan adanya kerja sama antara Bhabinkamtibmas dan petani dalam hal inovasi dapat membuat hubungan masyarakat dengan Polisi semakin erat.

Sebagai Ketua Macab Veteran Kabupaten Belu, saya mewakili masyarakat berharap dengan adanya inovasi dari kepolisian ini dapat meningkatkan hubungan persaudaraan yang makin erat terutama dalam hal mendorong petani untuk terus bekerja. Harap Stefanus Atok Ketua Macab Veteran Belu.

Komentar
judul gambar
judul gambar