Menyongsong ACF X-RAY, Seluruh WBP Lapas Kelas II.B Atambua Mendapat Scrining TBC

Atambua, News.Matatimor – Net : Guna mendeteksi awal akan penyakit TBC, 194 orang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) mendapatkan layanan skrining TBC oleh Dokter & Petugas Kesehatan Lapas Atambua sebagai deteksi dini terhadap penyakit menular TBC.

Kegiatan Skrining tersebut dilaksanakan di Poliklinik Lapas pada hari Rabu, 27 September 2023, pukul 09.00 WITA hingga selesai.

Kalapas, Edwar Hadi, mengatakan pelaksanaan skrining sebagai tindak lanjut surat edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan intervensi Rontgen Dada melalui Mobile Rontgen yang akan dilaksanakan di 374 Lapas, Rutan dan LPKA pada 33 Kantor Wilayah Kemenkumham RI.

“Hasil skrining tersebut akan menjadi bahan pelaporan serta sebagai dasar pelaksanaan Active Case Finding (ACF) TBC dengan Chest X-Ray (CXR) 13 Oktober mendatang di Lapas Atambua” terang Edwar.

Dokter, Ester Sinaga, juga menambahkan pelaksanaan skrining mencakup identitas, pemeriksaan berat badan dan tinggi badan (BB&TB) serta anamnesis gejala yang mungkin dirasakan oleh Warga Binaan.

Pelaksanaan Active Case Finding (ACF) TBC dengan Chest X-Ray (CXR) pada tanggal 13 Oktober mendatang diharapkan dapat mengoptimalkan angka penemuan kasus TBC secara aktif serta masif di Lapas Atambua yang berisiko tinggi penularan TBC.

Komentar
judul gambar
judul gambar