Pisah-Sambut Camat Raimanuk Penuh dengan Deraian Air Mata

Atambua, News.Matatimor-Net : Air mata haru terjadi saat serah terima jabatan (Sertijab) Camat Raimanuk di Aula Kantor Desa Raimanus, Kecamatan Raimanuk, Kabupaten Belu, NTT selasa, 14/08/2023

Pada suasana Sertijab tersebut, Seluruh Kepala Desa dan Tokoh Masyarakat yang hadir melepaskan mantan camat Raimanuk Hironimus Mau Luma, S.Pd.MM ke tempat tugas yang baru dengan air mata haru.

Pada sertijab tersebut, mantan Camat Raimanuk Hironimus Mau Luma digantikan oleh Maria Imelda Haki,S Pt sebagai camat Raimanuk yang baru.

Pergantian jabatan di Kecamatan Raimanuk ini sesuai dengan surat keputusan Bupati Belu, Taolin Agustinus.

Turut hadir dalam sertijab tersebut Kapolsek Raimanuk, IPDA, Illumudin, Koramil 1605 Halilulik, para penjabat dan kepala desa, serta para tokoh adat, tokoh masyarakat dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Saat ini, Mantan Camat Raimanuk Hironimus Mau Luma, dipindah tugaskan dan kembali menjabat sebagai Camat di Kecamatan Kota Atambua, Kabupaten Belu.

Dalam sambutannya, Hironimus mengaku sedih harus meninggalkan masyarakat raimanuk yang sudah mencintai dirinya sebagai keluarga.

Namun sebagai ASN itu tugas dan pelayanan yang harus selalu siap untuk ditempatkan dimana saja.

“Berat bagi saya untuk melepaskan raimanuk karena selama satu setengah tahun di sini saya merasakan kecintaan mayarakat terhadap saya bukan sebagai pemimpin tetapi sebagai keluarga,”Ungkapnya, senin 14 agustus 2023.

Dalam kesempatan itu, Ia juga menyampaikan permohonan maaf dan mengaku jika pelayanannya ada yang masih kurang dan belum maksimal.

“Saya juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat Raimanuk jika selama disini ada pelayan yang masih kurang maksimal namun itu sebagai manusia tentu selalu ada kekurangan dan keterbatasan,” tuturnya.

Selama bertugas di Kecamatan Raimanuk, ia berhasil berinovasi dengan mengangkat minuman khas tradisional yang awalnya dijual tanpa label hingga menperoleh izin BPOM dan cukup di kenal di kabupaten belu maupun luar daerah dengan label yang cukup populer yaitu “SOMAN” atau Sopi Raimanuk.

Ia juga berpesan kepada seluruh staf kecamatan dan juga kepala desa dan jajarannya agar selalu membangun koordinasi dan kerja sama yang baik dengan camat baru agar dapat melayani masyarakat dengan hati dan kasih demi membangu wilayah raimanuk dan sekitarnya.

” Saya akan meninggalkan raimanuk untuk melayani masyarakat di kecamatan kota atambua, namun saya berharap kerja sama baik yang sudah pernah kita rajut itu dapat dijalankanbterus bersama ibu camat yang bukan orang lain karena beliau ini anak mantu raimanuk,” ujarnya.

Ia juga berpesan, bahwa kalau ke kota atambua jangan lupa mampir ke kantor camat kota atambua, karena perpisahan ini bagian dari tugas sebagai ASN bukan sebagai keluarga.

Pada acara sertijab tersebut, di tandai pula dengan pengalungan dari mantan camat raimanuk Hironimus Mau Luma, kepada Maria Imelda Haki, sebagai camat baru raimanuk.

Sebaliknya, pemasangan cincin dari camat raimanuk Maria Imelda Haki kepada Mantan Camat Hironimus Mau Luma sebagai ungkapan penghormatan dan terima kasih dari masyarakat.

” Hironimo Mau Luma dikenal sebagai sosok yang ramah dan humoris atas pengabdian dan pelayanannya kurang lebih satu setengah tahun sebagai camat di wilayah raimanuk.

Usai acara itu dilanjutkan dengan salam dan foto bersama yang memantik tangis yang tak terbendung dari para kepala desa, tokoh masyarakat hingga sosok yang awalnya kelihatan tegar hingga meneteskan air mata haru.

Situasi itu dengan spontan hingga sekretaris camat raimanuk Bernadino Y.R Berek, SE yang sering dikenal dengan gaya lelucun dan humoris itupun meneteskan air mata hingga memeluk erat dan menggendong mantan pemimpinnya dengan linangan air mata yang tak terbendung

Komentar
judul gambar
judul gambar