Seminar Pendahuluan Penyusunan Dokumen Revisi RT-RW Kota Kupang di Buka Oleh Wali Kota

Kupang, News.Matatimor – Net : Penjabat Wali Kota Kupang, George M. Hadjoh, SH, membuka Seminar Pendahuluan Penyusunan Dokumen Revisi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kota Kupang Tahun 2023. Seminar berlangsung di Hotel Amaris Kupang, Jumat 21/07/2023.

Hadir dalam seminar tersebut Ketua Komisi I DPRD Kota Kupang, Yuvensius Tukung, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kota Kupang, Ignasius R. Lega, SH, Direktur PT. Karsa Haryamulya, Dwi Karsi Rustiyanti, ST, Plt. Kadis PUPR Kota Kupang, Maxi N. Dethan, ST, M.Si serta para peserta seminar yang berasal dari instansi vertikal, BUMN, pimpinan perangkat daerah terkait, para camat serta unsur organisasi masyarakat pemerhati tata ruang.

Dalam sambutannya Penjabat Wali Kota Kupang menyampaikan kegiatan hari ini bertujuan untuk mendesain tampilan Kota Kupang di masa depan, supaya bisa sama dengan kota-kota maju lainnya di Indonesia.

Menurutnya deviasi yang terjadi saat ini sudah cukup tinggi, diakibatkan karena ruang tidak bertambah, tapi manusia dan aktivitasnya mengalami pertambahan yang cukup hebat. Karena itu revisi RT/RW yang dihasilkan nanti akan menjadi evaluasi dan dasar penegakan aturan untuk menjadikan Kota Kupang yang rapi, tertib serta pemanfaatan ruangnya sesuai peruntukan, dengan memperhatikan banyak kepentingan.

Penjabat Wali Kota menyampaikan terima kasih kepada semua peserta yang sudah terlibat dalam seminar ini dan siap memberi kontribusi pikiran dan tenaga. Menurutnya pembahasan ini perlu melibatkan semua profesi yang terkait dengan pemanfaatan tata ruang, makin banyak pikiran makin baik.

Diakuinya, saat ini penataan ruang Kota Kupang masih berorientasi pada daratan. Karena itu dia minta agar ke depan lebih berorientasi pada water front city, yang melihat secara utuh laut dan darat dan menghitung semua dimensi dan sektor. Dengan demikian penataan kota bisa sejalan dengan program Pemerintah Provinsi NTT yang menjadikan pariwisata sebagai prime mover, yang memberi kontribusi bagi peningkatan pendapatan asli daerah (PAD).

Pada kesempatan yang sama George juga minta agar seluruh pihak terkait perlu mendorong master plan drainase Kota Kupang yang sesuai dengan RT/RW, yang mengakomodir pemenuhan kebutuhan air bersih, gas dan jaringan internet dalam ruang yang dipersiapkan. Dia juga mengapresiasi upaya revisi RTRW ini, selain karena tuntutan undang-undang juga menjawabi harapan masyarakat yang makin dipermudah lewat sentuhan digitalisasi sesuai dengan kondisi kekinian.

Plt. Kadis PUPR Kota Kupang, Maxi N. Dethan, ST, M.Si, dalam laporannya menjelaskan RTRW Kota Kupang tahun 2011-2031 telah mengalami perubahan pengisian ruang sehingga pada tahun 2023 perlu dilakukan revisi sesuai kebutuhan peruntukan ruang dalam perkembangan 20 tahun ke depan.

Dia berharap kegiatan penyusunan dokumen revisi tata ruang ini dapat memberikan arah kebijakan makro dalam pelaksanaan program pembangunan Kota Kupang sehingga tugas pokok pelaksanaan pengendalian ruang Kota Kupang ke depan benar-benar dapat berjalan sesuai harapan, yang memberikan dampak bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dia juga berharap revisi RTRW ini dapat mengakomodir semua isu-isu strategis dan RTRW Kota Kupang yang dapat mewujudkan pertumbuhan Kota Kupang.

Komentar
judul gambar
judul gambar