Kotbah Katolik Minggu 18 September 2022 Minggu Biasa XXV

Oleh RD. Jhon Chris Taus – Paroki Sta. Helena Camplong

Hari minggu ini Yesus kembali berbicara tentang Harta kekayaan.
Yesus menyebutnya MAMON. Mamon adalah segala harta kekayaan yang dikelola seorang bendahara.
Harta kekayaan dalam bentuk apapun (uang,dll) adalah pemberian Tuhan agar manusia penuhi kebutuhan hidup nya.

judul gambar

Maka harta kekayaan adalah baik adanya. Itulah sebabnya Yesus ingatkan para muridNya agar mereka mempergunakan harta kekayaan duniawi ini untuk memperoleh hidup yg kekal, sambil juga Yesus ingatkan bahaya dari harta kekayaan ini yakni : KETAMAKAN dan kerakusan yg merusak persaudaraan, dan ketidakjujuran atau kecurangan.

Untuk ini Yesus menyampaikan ajaranNya dalam perumpamaan tentang : BENDAHARA YANG TIDAK JUJUR.

Baja Juga :   Renungan Katolik Minggu Biasa XIII 26/06/2022

Ada seorang bendahara yang dituduh boroskan harta tuannya, dan ia akan dipecat tuannya, tetapi ia tak kuat lagi bekerja, mencangkul ia tidak mampu, mengemis ia malu dll, maka bendahara itu bertindak cerdik untuk selamatkan dirinya.
Perumpamaan tentang bendahara yang cerdik ini merupakan bagian Injil yang sulit dimengerti, pasalnya bendahara itu tidak jujur, tapi ia dipuji karena ia cerdik. Akar masalahnya terletak pada pujian karena ia bertindak cerdik dengan MENGAMBIL TINDAKAN YANG CEPAT DAN TEGAS DALAM SITUASI YANG SULIT DAN TERDESAK UNTUK MENYELAMATKAN DIRINYA dengan cara MEMANGGIL ORANG-ORANG YANG BERHUTANG, DAN MEMBUAT SURAT HUTANG YANG BARU DENGAN MEMPERKECIL JUMLAH HUTANG MEREKA. Misalnya dari 100 tempayan minyak dituntut hanya 50 tempayan..dst.

Baja Juga :   Kotbah Katolik Minggu Biasa XIV, 03 Juli 2022

Dalam situasi yang sulit bendahara itu berani mengambil resiko menanggung sebagian hutang mereka, dengan demikian segala hutang milik tuannya dilunasi. Karena itu bendahara itu DIPUJI TUANNYA KARENA IA CERDIK GUNAKAN HARTANYA UNTUK MENYELAMATKAN DIRINYA.

HEBAT. .Ia TIDAK jadi dipecat tuannya bahkan ia mendapat sahabat-sahabat baru.
Bendahara yangg cerdik ini merupakan kecerdikan anak-anak dunia, maka Yesus kembali ingatkan murid-muridNya SEBAGAI anak-anak terang HARUSNYA LEBIH CERDIK DARI ANAK-ANAK DUNIA dalam hal perjuangan untuk masuk dalam kerajaan Allah.
Ini pesan Yesus untuk seluruh cerita ini bahwa, KEDATANGAN YESUS ANAK MANUSIA DISAMAKAN DENGAN satu situasi yang sulit dan mendesak.

Baja Juga :   Kotbah Katolik Minggu, 28/08/2022, Minggu Biasa XXII

Dalam keadaan ini, setiap orang harus bertindak CERDIK DAN CEPAT TEGAS, UNTUK MENGAMBIL KEPUTUSAN UNTUK MENYELAMATKAN DIRI AGAR DAPAT MASUK DALAM KERAJAAN ALLAH.
Yesus ingin agar harta kekayaan dunia ini dapat membantu kita untuk mencapai kebahagiaan baik di dunia ini maupun di akhirat kelak.
Pergunakanlah harta kekayaanmu untuk hidup, juga untuk pelayanan kasih kepada sesama. Amen.
Mggu Biasa XXV
Amos 8 : 4-7
1Tim 2: 1- 8
Luk. 16 : 1-13

Visits: 79 Today: 1
Komentar
judul gambar