Kotbah Minggu 08/01/2023 Hari Raya Penampakan Tuhan /Epifania

Oleh RD. Jhon Chris Taus. – Pariki Sta. Helena Camplong.

Hari Minggu ini Pesta Penampakan Tuhan/ephifania. Tuhan menampakkan Diri kepada Tiga Serjana/Majus dari Timur jauh (Persia) Dengan berkat bimbingan Bintang ajaib mereka berangkat untuk menjumpai sang bayi Yesus yg telah lahir di Bethlehem.

Natal hakekatnya adalah Penampakan Tuhan. Tuhan menampakkan Diri dalam Diri seorang bayi lemah di kandang hina Bethlehem, dibungkus dengan kain lampin. Dalam Diri Yesus yg lahir TAMPAKLAH RANGKUMAN RAHMAT ALLAH : kerahiman, belaskasih, kebaikan kelemahlembutan dan kasih Allah kepada kita.

Allah menampakkan Diri tidak dengan kemahakuasan dan dengan cara yang menakjubkan, tetapi Allah merendahkan DiriNya menjadi manusia lemah, bayi yang tidak berdaya, dan memberikan Diri secara nyata, dengan cara itu Ia menyatakan Diri sebagai penyelamatan dan penebus.

Natal Tuhan datang dan menampakkan Diri kepada bangsa-bangsa agar segala bangsa melihat penyelamatan yang datang dari Allah kita.

Ia datang kepada bangsanya sendiri, tetapi orang-orangnyaNya sendiri tidak mengenalNya bahkan kemudian hari mereka menolak dan membunuhNya. Ia datang kepada milik kepunyaanNya, tetapi milik kepunyaanNya TIDAK MENERIMA DIA.

Akhirnya yang menerima Dia adalah :

1. para gembala domba, yabg sedang menjaga kawanan dombanya di Padang Efrata. Mereka tidak tahu menahu tentang segala nubuat tentang kelahiran Mesias itu. Mereka menerima kabar sukacita ini dari Malaekat :…hari ini telah lahir bagimu juruselamat di kota Daud. Dan mereka datang dan menjumpai bayi itu. Para gembala itu memuji Allah Krn segala sesuatu yg mereka lihat.

2. Para Serjana/Majus dari Timur jauh yang pestanya kita rayakan hari ini. Mereka adalah orang-orang kafir. Berkat bimbingan Bintang yabg ajaib, mereka pergi menjumpai Yesus sang bayi yang lahir itu. Karena sukacitanya bertemu dengan sang raja, mereka mempersembahkan apa yang mereka bawa yaitu : mas, mur dan kemenyan.

Inilah cara Tuhan membimbing kita untuk menjumpaiNya.
Karna niat jahat dari Herodes, para Serjana ini diingatkan dalam mimpi, agar mereka kembali ke negerinya melalui jalan lain. (TEMA PESAN NATAL BERSAMA…2022).

3. Kita Umat beriman : Kita semua adalah umat Kristen yang percaya kepada Kristus melalui Pembabtis.
Dengan merayakan Natal kita berusaha untuk pergi mencari dan menjumpai Yesus yang telah lahir untuk kita, seperti para gembala domba dan para Serjana itu. Allah selalu hadir dalam setiap peristiwa keseharian kita, baik secara nyata maupun secara SAKRAMENTAL.

Dalam Ekaristi kita bertemu dengan Tuhan yang memberikan Tubuh dan darahNya. Kita juga bisa melihat dan menjumpai Tuhan dalam diri sesama di sekitar kita, yang sakit, yang susah dan sengsara, yang miskin dst.

Selamat Pesta Penampakan Tuhan….
Minggu Penampakan Tuhan
Yes. 60:1-6
Mat. 2:1-12

Komentar
judul gambar
judul gambar