Renungan Katolik Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam

Oleh RD. Jhon Chris Taus

Hari migggu ini adalah Hari Mnggu terakhir dari Lingkaran Tahun Liturgi Gereja (Tahun C = Injil Lukas).

judul gambar

Hari minggu depan, kita mulai memasuki Tahun Liturgi yang baru .(Tahun A = Injil Matius).

Gereja memahkotai seluruh rangkaian Tahun Liturgi Gereja dengan merayakan HARI RAYA TUHAN KITA YESUS KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM.

Yesus Kristuslah Raja Semesta alam. Yesus Kristus Raja segala raja yang datang dalam kemuliaan dan kekuasaan sampai selama lamanya Amen.

Dalam Perjanjian Lama, Daud adalah Raja yang sangat besar dan terkenal. Allah sendiri saat menyiapkan Daud menjadi Raja Israel, dan dari Keturunan Daud inilah akan lahir Penebus yang terjanji YESUS KRISTUS PUTERA DAUD.

Baja Juga :   Pascagempa Cianjur, Misa Natal dilaksanakan di Tenda Depan Gereja

Daud diurapi Samuel untuk menggantikan Raja Saul (1 Sam. 16:13) untuk menggembalakan Israel dan menjadi Raja atas Israel (2 Sam. 5: 2-3).

Tentang Yesus Kristus sebagai raja : Di hadapan Pontius Pilatus, yang mengadiliNya, Yesus dengan tegas mengatakan bahwa : benar, saya raja. Akan tetapi Kerajaan Ku bukan dari dunia ini.

Pengakuan Yesus sebagau Raja di hadapan Pilatus inilah YANG MENGANTAR YESUS KEPADA SALIB.

Yesus memang Raja tetapi Raja yang tersalib. TakhtaNya adalah sebuah kayu palang utama, yabg diperuntukkan bagi para penjahat besar.

Mahkota kekuasaanNya adalah duri. . sebuah anyaman duri yang ditancapkan di kepala Yesus. Meski Yesus memang Raja, tetapi Yesus menerima hukuman Salib, karena Yesus dituduh sebagai seorang penjahat berat, karena Ia menyesatkan orang banyak dengan ajaranNya, menyebut DiriNya Putera Allah.

Baja Juga :   Kotbah Katolik Minggu 02 Oktober 2022, Minggu Biasa XXVII - Paroki Camplong

Itulah sebabnya Yesus harus disalibkan di antara 2 orang penjahat besar. Penjahat yang satu menghujat Yesus, tetapi yang satu menegur : kita memang dihukum setimpal dengan perbuatan kita, tetapi orang ini tidak berbuat salah.

Maka ia berkata kepada Yesus : YESUS INGATLAH SAYA KALAU ENGKAU DATANG SEBAGAI RAJA. Kata Yesus kepadanya : HARI INI ENGKAU AKAN BERSAMA SAMA DENGAN AKU DI FIRDAUS.

Yesus datang sebagai Raja yang tersalib untuk menyelamatkan semua bangsa Manusia.

Dari atas Salib Yesus :

Baja Juga :   Renungan Katolik Minggu 05/02/2023
  • Yesus masih memberi pengampunan kepada penjahat yang bertobat.
  • Yesus raja segala raja memerintah dunia ini dengan menumpahkan darahNya yang teramat Kudus.

Saudara/i Yang terkasih, Penjahat yang bertobat telah memberikan contoh bagi kita semua yang percaya kepada Yesus Kristus raja semesta alam.

Mari kita bergabung dengan dan dalam permohonan si penjahat yang bertobat : YESUS INGATLAH SAYA KALAU ENGKAU DATANG SEBAGAI RAJA.

Semoga Yesus bersabda kepada kita : HARI INI ENGKAU AKAN BERSAMA SAMA DENGAN AKU DI FIRDAUS. Amen

Mggu Biasa ke 34

Hari Raya Tuhan Yesus Kristus Raja Semesta Alam

2 Samuel. 5:1-3

Luk 23: 35-43

Komentar
judul gambar
judul gambar